Halaman

Jumat, 16 Maret 2012

SEARCH ENGINE

search engine adalah program yang di rancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang di simpan dalam layanan www,ftp,publikasi milis… Manfaat dari search engine adalah mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari, bahkan kita juga bisa menemukan banyak hal melalui search engine, seperti : info alamat web, info pendidikan, info-info penemuan, dan lain-lain.
berikut beberapa search engine yang saya ketahui dan sedikit analisa yang saya dapatkan itu pun melalui goggling sana-sini untuk mencari informasi dari berbagai website search engine,namun dari sekian banyak search engine yang ada .saya tampilkan beberapa yang terpopuler: 
1.www.google.co.id

Google masih merupakan search engine yang paling banyak digunakan dan disebut-sebut sebagai search engine terbaik. Bahkan saat ini istilah pencarian sudah dikenal dengan istilah googling. Google selalu memperhatikan bagaimana cara user menggunakan search enginenya. Jadi, setiap kita menggunakan Google, itu selalu dimonitor oleh Google .serta memiliki jaringan penerjemah terbesar di dunia......search engine yang mungkin saya sendiri sangat sering menggunakannya untuk mencari informasi-informasi untuk referensi tugas kuliah dll.


2.www.yahoo.com

Yahoo search engine adalah fasilitas yang utama dan menjadi unggulan yahoo setelah fasilitas layanan email gratis. yahoo search mempunyai satu keunggulan yang khusus yaitu setiap pencarian, yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari,Paling lengkap dibanding search engine yang lain.yang menyediakan yellow page dan peta didalamnya selain fitur email gratis yang banyak di sukai orang-orang termasuk saya sendiri…kecepatan dan kemudahan dalam mencari dengan fiturnya yang lengkap.Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.walaupun kekurangan yahoo search engine sendiri terdapat pada software pendukungnya yang masih kurang serta ,loading yang lama.walaupun saya sendiri menggunakan yahoo hanya memanfaatkan fasilitas email gratisnya saja…. :


3.www.msn.com

MSN (microsoft network) search engine milik perusahaan microsoft..ini juga hamper sama dengan yahoo &g oogle yang memiliki fasilitas search engine, email gratis, chatting, dan juga fitur-fitur hiburan lainnya yg tentunnya tidak jauh berbeda dg yahoo dan google.kelebihan dari MSn ini Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file special .Tetapi Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya&
Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.saya sendiri hampir tidak pernah menggunakan msn search engine ini…karena mungkin sudah terbiasa menggunakan google… 


4.www.bing.com

Search Engine Bing mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail, Bing sendiri mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi pengguna bisa membuka situs yang diblokir. Tetapi kekurangan search engine bing ini tidak dapat berhitung serta fiturnya kurang lengkap & kurang diminati karena kurang cepat dalam pencariannya…


5. www.ask.com


Ask Search Engine yang satu ini memiliki.Keunggulan ia dapat mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan,Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!serta bagroun search engine ini bisa diganti-ganti..tetapi ASK memiliki database yang kecil serta fiturnya kurang lengkap di banding search engine yang lainnya,,,Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata,Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil & Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.



6.www.baidu.com



Baidu merupanakan search engine terbesar di cina dan didirikan pada tanggal 18 Januari 2000.Baidu menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari, dapat bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman. menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional, menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia serta lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.& fitur lain seperti Baidu Ensiklopedi & Baidu Internet Tv.tetapi dalam pencarian tidak secepat google/yahoo bahasayang digunakan di dominasi bahasa mandarin,jangkauan beritanya lebih sedikit di muat ketimbang google gambar yang di hasilkan kurang jelas.proteksi dalam baidu pun kurang bagus…..



7.www.alvista.com




Search Engine Altavista ,Pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.Pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.Altivista dapat memncari suatu informasi yang lebih akurat.tetapi Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.



0 komentar:

Posting Komentar