Halaman

Selasa, 09 Oktober 2012

Materi CTTS,MULTICS & Sistem Operasi Berbasis Unix



CTSS  (Compatible Time-Sharing System )
Compaiteble Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai . Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.

MULTICS  (MULTiplexed  Information  and Computing System)
MULTICS sebenernya adalah pengembangan dari TimeSharing System system operasi, Multics sendiri memiliki banyak fitur yang dapat menghasilkan kinerja tinggi sehingga akan mendukung utilitas komputasi yang mirip dengan telepon dan listrik . Sistem ini dapat tumbuh dan berjalan baik dengan hanya menambahkan lebih banyak sumber daya yang tepat - daya komputasi, memori utama, penyimpanan disk, dll.

Sistem Operasi Berbasis Unix
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley. UNIX  sendiri adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih handal.

0 komentar:

Posting Komentar